Assesmen Dalam Rangka Reakreditasi Laboratorium Penguji BBTKLPP Yogyakarta oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)


Pada  tanggal 18-20 Agustus 2021 telah  dilakukan asesmen dalam rangka Reakreditasi Laboratorium Penguji BBTKLPP Yogyakarta oleh Komite Akreditasi Nasional  (KAN).  Asesmen ini dilaksanakan secara daring / remote assement. Adapun tim asesor sejumlah 7 (tujuh) orang yaitu Bapak Komar Sutriah, Ibu Tati Ariyanti, Ibu Budi Susilowati, Bapak Willy Cahya Nugraha, Ibu Arum Prajanti, Ibu Emalya Rachmawati, Ibu Yeyen Febriyanti. Tujuan asesmen ini adalah untuk melihat kesesuaian dokumen sistem mutu dan implementasinya dengan SNI ISO/IEC 17025:2017 guna  mempertahankan status akreditasi Laboratorium Penguji BBTKLPP Yogyakarta.

Acara dibuka secara virtual oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.  dr.  Irene,  MKM.  Dalam sambutannya disampaikan peran BBTKLPP Yogyakarta sebagai laboratorium rujukan di wilayah kerja DIY dan Provinsi Jawa Tengah.  Acara dilanjutkan kunjungan ke laboratorium secara virtual dan asesmen di masing-masing laboratorium dan substansi sesuai penjadwalan.

Hasil dari asesmen ini adalah laboratorium telah berupaya untuk menerapkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dengan konsisten, namun dalam operasinya masih terdapat sejumlah ketidaksesuaian terkait : Ketidakberpihakan, Personel; Kondisi Fasilitas dan Lingkungan; Peralatan; Ketertelusuran Metrologi; Produk dan Jasa yang Disediakan Secara Eksternal Kaji Ulang Permintaan, Tender dan Kontrak; Pemilihan, Verifikasi dan Validasi Metode; Pengambilan Contoh; Ketidakpastian Pengukuran; Pemastian Keabsahan Hasil; Pelaporan Hasil; Dokumentasi Sistem Manajemen; Pengendalian Dokumen, Pengendalian Rekaman; Analisis Resiko dan Peluang; Peningkatan,  dan Tindakan Korektif. Tim asesmen akan merekomendasikan agar status akreditasi tetap diberikan, bila seluruh ketidaksesuaian telah ditindaklanjuti dengan baik dan berstatus memenuhi, dalam waktu yang telah disepakati. 

Acara ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.  dr.  Irene,  MKM.  Dalam penutupannya  diucapkan terima kasih kepada Tim Asesor yang telah melakukan asesmen dan memberikan masukan dan saran. Laboratorium Penguji BBTKLPP Yogyakarta akan segera melakukan tindak lanjut sesuai dengan waktu yang telah disepakati guna mempertahankan status akreditasi sesuai SNI ISO/IEC 17025  : 2017.