Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-3 (Booster) Kepada Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penunjang di Lingkungan BBTKLPP Yogyakarta dan KKP Kelas IV Yogyakarta


Moderna adalah vaksin Covid-19 pertama yang mendapatkan Emergency Authorization Use (EAU) dari Badan POM yang menggunakan platform mRNA-1273. Jika vaksin Covid-19 lain menggunakan komponen virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan, vaksin mRNA-1273 ini mengandung materi genetik yang direkayasa sehingga menyerupai kuman atau virus tertentu. Moderna atau vaksinasi dosis ketiga (booster) saat ini di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Yogyakarta diperuntukkan bagi tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua vaksin COVID-19.  Pertimbangan tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan  mendapatkan prioritas vaksin dosis ke 3 adalah karena merupakan kelompok paling rentan di tengah pandemi COVID-19 sehingga diberikan upaya proteksi lebih untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kesehatan dalam upaya pelayanan kesehatan.

Pada pelaksanaan vaksinasi ini sebanyak 112 orang petugas yang terdiri dari pegawai BBTKLPP Yogyakarta dan juga KKP Kelas IV Yogyakarta telah mendapatkan vaksinasi secara bertahap hari ke-1 dan hari ke-2 pada tanggal 9 dan 12 Agustus 2021 bertempat di aula lt. 5 Gedung BBTKLPP Yogyakarta. Petugas kesehatan dan pendukung kesehatan yang mendapatkan kesempatan untuk vaksinasi dosis ke 3 ini adalah merupakan pegawai yang telah memenuhi syarat vaksinasi, yaitu telah 3 bulan mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2 serta bagi penyitas telah 3 bulan sembuh dari covid-19. Vaksinasi Booster dilakukan oleh petugas medis di bawah pengawasan dokter dari KKP Kelas IV Yogyakarta. Penyuntikan dilakukan secara intramuscular dengan dosis 0,5 ml sebanyak 1 dosis. Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang serius, setelah vaksinasi dilakukan observasi selama 30 menit dan pasca vaksinasi untuk melaporkan efek samping atau gejala yang muncul melalui link https://bit.ly/kipivaksinbooster.

Harapan terbesar dari pelaksanaan vaksinasi ini adalah setelah dilakukan vaksinasi yang ketiga  (booster) akan memicu imunitas tubuh untuk menghasilkan antibody yang bisa melindungi tubuh saat terinfeksi virus Corona, yaitu perlindungan 98% terhadap keparahan dan 100 % efektif mencegah kematian yang disebabkan oleh COVID-19.

Semangat sehat Indonesiaku, sukseskan vaksin!!