Penyelenggaraan Kegiatan Idul Adha 1442 H/2021 M BBTKLPP Yogyakarta


Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar Allahu Akbar wa lillaah ilhamd. Takbir Idul Adha telah berkumandang, umat Muslim bersuka cita menyambut hari perlambang cinta. Rasa cinta yang terwujud dalam keikhlasan, ketaatan, pengorbanan dan berserah diri adalah esensi Idul Adha itu sendiri. Himpitan situasi pandemi tidak menghalangi kekusyukan kegiatan Idul Adha yang kita jalani, bahkan rasa pengorbanan dan keikhlasan itu semakin terhayati, mengakar dalam hati. Karena pada hakekatnya pengorbanan dan keikhlasan tidak hanya saat lapang tapi juga dikala sempit.

Pada momentum Idul Adha 1442 H/2021 M ini tidak ketinggalan BBTKLPP Yogyakarta melalui Panitia Kegiatan Idul Adha 1442 H turut menyelenggarakan serangkaian Kegiatan berupa Pengajian, Penyembelihan hewan Qurban serta pendistribusian daging baik untuk Pegawai BBTKLPP Yogyakarta maupun masyarakat sekitar. Pengajian yang bertema “Hikmah Qurban Idul Adha di Tengah Pandemi Corona” yang dilaksanakan secara Daring pada hari Rabu Tanggal 21 Juli 2021 menghadirkan Bapak Sarmin Abu Hasan sebagai Penceramah dengan partisipan Pegawai BBTKLPP Yogyakarta khususnya yang beragama Islam. Acara Pengajian dibuka oleh Ibu Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.dr. Irene, MKM. Dari Tausiah Bapak Sarmin peserta pengajian belajar teladan dari Nabi Ibrahim dan Ismail yang mempunyai ketaatan, pengorbanan dan keikhlasan yang begitu besar akan perintah dan ujian Allah, dan karena KerahimanNya Allah membalas ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail dengan begitu banyak keberkahan. Allah menebus Ismail dengan seekor sembelihan yang besar.

Sanggup mengorbankan sesuatu yang kita cintai di jalan Allah dengan ikhlas adalah salah satu sifat orang bertakwa, karena itu juga salah satunya kenapa Nabi Ibrahim juga termasuk nabi yang dijuluki Ulilazmi. Jika ditarik ke masa pandemi corona sekarang ini, kita juga bisa menumbuhkan rasa ketaatan, keikhlasan dan rela berkorban demi kebaikan bersama seperti mentaati aturan Pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, menahan diri untuk tidak berkerumun maupun bersilaturahmi secara intim, membatasi mobilitas dan pergerakan meskipun berdampak terhadap penghasilan juga keikhlasan dalam menjalankan tugas-tugas yang menyebabkan kita bersinggungan terhadap Covid-19 itu sendiri pada tenaga kesehatan contohnya. Diharapkan pengajian yang diselenggarakan bisa menambah keimanan dan ketaqwaan Pegawai BBTKLPP Yogyakarta.

Keesokan harinya Kamis, 22 Juli 2021 dilaksanakan penyembelihan hewan Qurban berupa 1 ekor Sapi dari 7 Shohibul Qurban Pegawai BBTKLPP Yogyakarta dan keluarga. Penyembelihan dilaksanakan di area Parkir Motor dengan melibatkan beberapa Pegawai serta menghadirkan tenaga jagal dan potong-potong dari Penyedia hewan qurban. Penyembelihan diawai dengan doa oleh seksi dakwah Bapak Dani Martanto dan disaksikan oleh para Shohibul Qurban. Pegawai yang terlibat dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap menjalankan Protokol Kesehatan. Setelah selesai daging dipaketi sebanyak 196 paket dan didistribusikan baik ke Internal Pegawai BBTKLPP Yogyakarta, Pegawai pihak ke -3 (Outsourcing), Relawan maupun lingkungan sekitar kantor.

Alhamdulillah seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan khusyuk. Semoga seluruh Amal Ibadah kita semua diterima Allah SWT dan kita dipertemukan kembali pada Idul Adha tahun depan. Aamiin