Pertemuan Teknis Laboratorium Kalibrasi Oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)


Dalam rangka sosialisasi perkembangan terkini kebijakan akrediasi dan metode kalibrasi, Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Kegiatan Pertemuan Teknis Laboratorium Kalibrasi Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021 melalui zoom meeting. Peserta pertemuan ini diikuti oleh Laboratorium Kalibrasi se-Indonesia, sedangkan peserta dari BBTKLPP Yogyakarta diikuti oleh Koordinator Substansi PTL (Indah Nur Haeni) dan personil Laboratorium PMPK (Evi Asmilaningsih dan Dina Juli Retnaningsih). 

Pertemuan teknis ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan acara pembukaan oleh Direktur Akreditasi Laboratorium (Ibu Fajarina Budiantari), dalam tahap pembukaan ini juga disampaikan terkait beberapa kebijakan akreditasi terkini yang diterapkan oleh Komite Akreditasi Nasional. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi teknis dengan materi : Verifikasi dan Validasi Metode Kalibrasi oleh Asesor Kepala KAN (Bapak Dede Erawan) dan materi Sosialisasi Pedoman Kalibrasi Panjang (Mikrometer) oleh Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi dan Biologi (Bapak A. Praba Drijarka). Pada setiap sesi penyampaian materi disertai dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang cukup menarik.

Pada akhir acara disampaikan penutupan oleh Ibu Herlin Rosdiana, diharapkan dengan adanya kebijakan akreditasi terkini dapat mengakomodir kendala-kendala pada masa pandemi ini (sebagai contoh dilakukannya asesmen secara remote assessment dan perpanjangan masa perbaikan ketidaksesuaian asesmen).