Pertemuan Koordinasi Reguler Sub Kelompok Kerja Jejaring One Health FGD “Pemetaan Serovar Leptospira di Indonesia”


Pada tanggal 28 Juni 2021, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan menyelenggarakan FGD “Pemetaan Serovar Leptospira di Indonesia”. Acara yang diselenggarakan secara daring ini diikuti peserta dari jejaring laboratorium seluruh Indonesia diantaranya Jejaring Laboratorium Veteriner, Jejaring Laboratorium Kesehatan dan Kesehatan Hewan Universitas, dan Jejaring Laboratorium Kesehatan Masyarakat diantaranya BBTKLPP Yogyakarta. Selain itu pertemuan juga diikuti peserta dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kesehatan. Pertemuan dibuka oleh drh. Endang Burni Prasetyowati, M.Kes. dari Direktorat Karantina Kesehatan, disampaikan bahwa leptospirosis adalah satu dari lima jenis penyakit zoonosis yang strategis dan menjadi prioritas. Data serovar sangat penting diketahui agar penyediaan reagen bisa fokus disesuaikan dengan serovar yang banyak ditemui di lapangan. Hal tersebut melatarbelakangi diadakannya pertemuan ini.


Selanjutnya adalah penyampaian materi secara panel,  yang diawali panel 1 dengan penyampaian materi dari Prof. dr. Tri Wibawa Ph.D., Sp.MK.  dari Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM yang menyampaikan mengenai penelitian keberadaan bakteri leptospira di Media lingkungan seperti tanah, air dan juga pada tikus. Selanjutnya adalah penyampaian materi mengenai jenis serovar yang ditemukan pada pasien leptospirosis di RSUP Dr. Kariadi Semarang yang disampaikan oleh dr. Iva Puspitasari, Sp.MK. dimana ada 31 jenis serovar yang dapat diidentifikasi dari pasien.


Materi panel 2, tentang Deteksi Leptospira pada Tikus (Rikhus Vektora 2015 – 2017) dalam Upaya Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang oleh Farida Dwi Handayani, S.Si., MS. dari BBPPVRP Salatiga; materi tentang Sebaran Leptospira pada Hewan oleh Sumarningsih dari Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor; materi tentang Hasil Surveilans Jenis dan Sebaran Serovar Leptospira pada Hewan Nasional oleh Drh. Yuni Yupiana, M.Sc. Ph.D. dari Direktorat Kesehatan Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan; dan materi tentang Hasil Surveilans Leptospira BBVet Wates oleh Rosmita Ikaratri dari BBVet Wates.  


Materi panel 3, oleh Dr. drh. Guntari Titik Mulyani, M.P. dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta menyampaikan tentang Publikasi Leptospirosis; Dien Arsanti, S.K.M., M.Env. dari BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan tentang Pemetaan Faktor Risiko Leptospirosis di Kabupaten Demak Tahun 2021; dan Dya Candra Maulawati, S.K.M., M.K.L. dari BBTKLPP Surabaya menyampaikan tentang Jenis Serovar yang ada di BBTKLPP Surabaya. Acara diakhiri dengan FGD untuk penyepakatan kegiatan pemetaan dan penyelarasan panel serovar MAT yang dipimpin oleh Drh. Syafrison Idris, M.Si.