Pelatihan Sistem Informasi Geografi (Series GPS)


Di bidang pengendalian penyakit dan kesehatan lingkungan, Sistem Informasi Geografi (SIG) memiliki andil dan sangat diperlukan. Melalui SIG pola penyebaran penyakit dapat diketahui sehingga wilayah berisiko dapat melakukan sistem kewaspadaan dini, selain itu kondisi kualitas lingkungan seperti air dan udara di suatu wilayah juga dapat dipetakan sehingga pengelolaan pencemaran dapat dilakukan dengan mudah. Mengingat besarnya manfaat tersebut, kemampuan para tenaga kesehatan khususnya di BBTKLPP Yogyakarta dalam memanfaatkan SIG perlu diasah. Pada hari Jumat, tanggal 11 Juni 2021, BBTKLPP Yogyakarta mengadakan pelatihan Sistem Informasi Geografi ( SIG ) secara virtual dengan tema pengenalan GPS. Pelatihan ini merupakan tahap awal dari rangkaian pelatihan SIG yang akan dilakukan. Pelatihan terbuka untuk seluruh pegawai.  Narasumber pada pelatihan ini adalah Ika Martiningsih, S.Pd yang merupakan pegawai BBTKLPP Yogyakarta yang sudah berpengalaman selama ± 10  tahun di bidang GIS Kesehatan.

Mengawali pelatihan, sambutan sekaligus pembukaan disampaikan oleh Kepala Balai, Dr. dr Irene, M.K.M. Harapan beliau dengan adanya pelatihan ini adalah dapat meningkatkan kemampuan pegawai BBTKLPP Yogyakarta di bidang pemetaan.

Pada pelatihan ini dijelaskan mengenai penggunaan SIG di bidang kesehatan. Sebagai contoh pemanfaatan SIG di bidang kesehatan adalah pemetaan distribusi penyakit. Pelatihan dilanjutkan dengan penjelasan sekaligus praktek mengenai penggunaan GPS Essentials mulai dari pengaturan sampai cara pengambilan titik koordinat di lapangan. Diskusi menarik dan interaktif antara peserta pelatihan dan narasumber, diantaranya mengenai keakuratan konversi online titik koordinat. Informasi dari narasumber bahwa konversi online akurat bilamana pengambilan titik koordinat sudah benar dilakukan, oleh sebab itu ketepatan dalam pengambilan titik koordinat sangat diperlukan. Keluaran dari pelatihan ini semua pegawai BBTKLPP Yogyakarta bisa menggunakan GPS dengan benar ketika melaksanakan pengambilan data ataupun survei lapangan