Ujicoba Kesiapan Penerapan Esign pada Sistem Aplikasi eSIMDADU BBTKLPP Yogyakarta


Aplikasi Elektronik Sistem Informasi Manajemen Data Terpadu (eSIMDADU) merupakan aplikasi berbasis online yang terdiri dari beberapa modul yang digunakan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Salah satu modul yang terdapat dalam aplikasi eSIMDADU adalah Sistem Informasi Laboratorium (SIL) yang berfungsi untuk pengelolaan data sampel uji dimulai dari proses registrasi sampai dengan penerbitan lembar hasil uji (LHU). Dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan pelayanan publik kepada masyarakat, BBTKLPP Yogyakarta akan menerapkan tanda tangan elektronik/electronic signature (esign) untuk penerbitan LHU dalam aplikasi eSIMDADU. Kehadiran fitur LHU elektronik ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses hasil pemeriksaan sampel uji secara online sehingga tidak perlu lagi datang mengambil hardcopy LHU ke BBTKLPP Yogyakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari Jumat tanggal 21 Mei 2021 telah dilaksanakan ujicoba kesiapan penerapan esign pada sistem aplikasi eSIMDADU BBTKLPP Yogyakarta melalui media daring (zoom meeting). Acara dibuka secara resmi oleh Koordinator Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Pusat Data dan Informasi, Setjen Kemenkes, Yudianto, S.K.M, M.Si.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari tim Pusdatin, Balai Sertifikasi Elektronik (BSRE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan BBTKLPP Yogyakarta dihadiri langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (Dr. dr. Irene, M.K.M), Koordinator Tata Usaha (Sayekti Udi Utama, S.K.M, M.Kes), Koordinator Pengembangan Teknologi dan Laboratorium (Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc), Sub Koordinator Program dan Laporan (Dhelina Auza Utami, S.Farm, Apt) dan Fungsional Pranata Komputer Muda (Mardiansyah, S.Kom, M.P.H).

Dalam sambutannya, Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Pusdatin dan BSRE yang telah memfasilitasi untuk proses persiapan, ujicoba dan penerapan esign di aplikasi eSIMDADU BBTKLPP Yogyakarta. Kemudian Dr. dr. Irene, M.K.M. juga menyampaikan bahwa fitur esign pada Lembar Hasil Uji (LHU) ini nantinya akan dijadikan sebagai salah satu inovasi teknologi informasi dalam rangka penerapan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta.

Ujicoba esign pada aplikasi eSIMDADU dilaksanakan dengan mengacu pada form User Acceptance Test (UAT) dari BSRE yang meliputi kelengkapan administrasi esign, proses esign, keamanan esign, arsip esign dan verifikasi esign. Dari hasil ujicoba kesiapan sistem yang dilakukan oleh tim BSRE, seluruh persyaratan baik administrasi maupun teknis telah memenuhi standar yang ditetapkan. Selanjutnya BSRE akan melakukan proses penerbitan surat pengesahan esign pada sistem sehingga nantinya aplikasi eSIMDADU dapat menggunakan fitur esign secara resmi.

Setelah rangkaian proses ujicoba sistem selesai, acara ditutup secara resmi oleh Sub Koordinator Pengelolaan Aplikasi dan Database, Pusdatin, Ika Kurniasi, S.Kom, M.K.M.