Penganugerahan Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2020


Pada hari selasa, tanggal 9 maret 2021 bertempat di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan acara penganugerahan penghargaan penyelenggara pelayanan publik tahun 2020. Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa. 

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Kementerian PANRB telah melaksanakan kegiatan evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik tertentu pada lingkup Kementerian dan Lembaga (K/L). Pada Tahun 2020 terdapat 55 K/L yang mengikut proses penilaian/evaluasi, dimana 6 K/L diantaranya telah berhasil memperoleh nilai A atau Pelayanan Prima dan 26 K/L yang memperoleh nilai A- (Sangat Baik).

Kementerian Kesehatan mendapat satu penghargaan unit katergori penyelenggara pelayanan publik hasil evaluasi dengan predikat A- (Sangat Baik) yang diberikan kepada Unit pelayanan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta yang diterima langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. dan didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) Kementerian Kesehatan, dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengingatkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar Pemerintah terus mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, pimpinan Kementerian/Lembaga dan Aparatus Sipil Negara harus menjaga citra pemerintah, membangun soladiritas dan kerja sama, serta menjadikan budaya dan pola piker yang ramah, santun dan professional.

Bagi BBTKLPP Yogyakarta, penerimaan penghargaan ini sangat berarti dalam pencapaian pelaksanaan pemberian pelayanan kepada masyarakat. Dengan penghargaan ini dapat menjadi motivasi BBTKLPP Yogyakarta untuk senantiasa menjaga dan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.