Pelatihan Sistem Manajemen Mutu /Quality Manajemen System (QMS) Trainning of Trainer


Pada tanggal 22-25 Februari dan 1-4 Maret Bidang Pengembangan Teknologi dan Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta, yang diikuti oleh Indah Nur Haeni dan Nila Cakrawati, telah mengikuti pelatihan Sistem Manajemen Mutu/Quality Manajement System (QMS) Trainning of Trainer (TOT).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Direktorat Surkakes  P2P Kemenkes RI, bekerjasama dengan Centers of Disease Control and Prevention (CDC), dan Association of Public Health Laboratory (APHL) Health Laboratory (APHL). Tujuan pelatihan sebagai upaya meningkatkan kinerja dan pelayanan laboratorium khususnya pada laboratorium yang mempunyai jejaring Laboratorium Surveilans Nasional. 

Pelatihan dilakukan secara virtual melalui ZOOM dimana masing-masing 6 jam pelajaran. Para fasilitator adalah Francise Downes PhD, Kim Lewis MSc, Dave Mills PHD dengan jumlah modul sebanyak 12.

Dalam setiap modul terdapat Tanya jawab dan tugas kelompok yang segera dipresentasikan. Modul yang diberikan dalam pelatihan adalah : Organisasi dan Kepemimpinan; Kepegawaian; Dokumen dan Catatan Statik; Peralatan; Pengadaan dan Inventaris; Manajemen Proses; Manajemen Informasi; Fokus Pengguna Layanan; Fasilitas dan Keselamatan; Manajemen Kejadian penyimpangan (NCE); Penilaian; Peningkatan Berkelanjutan. 

Setelah kegiatan ini nantinya akan dilanjutkan kegiatan tahap kedua, yaitu peserta akan berlatih mengajar isi SMM dengan menggunakan metodologi pengajaran kembali dan menerima umpan balik yang membangun segera dari para fasilitator.