Pertemuan Daring Pembahasan dan Penyusunan Laporan Analisis Data Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta


Pada hari Kamis dan Jum’at, Tanggal 18-19 Februari 2021 telah dilaksanakan pertemuan daring dengan tema “Pembahasan dan Penyusunan Laporan Analisis Data Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta.“ Acara di selenggarakan oleh Bidang ADKL BBTKLPP Yogyakarta. Peserta pertemuan daring diikuti oleh pegawai BBTKLPP Yogyakarta dari bidang dan bagian sebanyak 68 orang.
Acara pertama yaitu sambutan dan pembukaan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. Dalam pembukaan singkatnya, kepala BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan beberapa hal terkait pertemuan daring yang dilaksanakan. Disampaikan bahwa setiap tahun ada puluhan bahkan hampir ratusan kajian yang dilakukan BBTKLPP Yogyakarta sehingga diharapkan pada kesempatan kali ini kami bisa belajar bagaimana memvisualisasikan itu, bagaimana membahas kajian itu dengan baik dan kami juga ingin belajar bagaimana nantinya kita dapat membahas kajian itu dalam media massa sehingga dapat dimanfaatkan oleh lintas program dan lintas sektor serta masyarakat.
Acara dilanjutkan dengan sesi paparan materi dan diskusi oleh beberapa narasumber. Narasumber pertama Dr. Dwiarso Rubiyanto, S.Si., M.Si. (UII Yogyakarta) dengan materi Menghindari Plagiarisme data, Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Analisis Data Laboratorium. Selanjutnya Drs. H. Ahmad Lutfi (Wapemred Kedaulatan Rakyat Yogyakarta) dengan materi Pedoman dan Syarat Penulisan Ilmiah di media Massa. Hari kedua menghadirkan narasumber Hendro Subagyo, M. Eng. (PDDI LIPI Jakarta) dengan materi Seni Visualisasi Data Hasil Pemeriksaan Laboratorium Air Minum dan Pengelolaan media dengan ISSN. Narasumber terakhir yaitu Dr. drg. Dibyo Pramono, SU, MDSc. (UGM Yogyakarta) dengan materi Teknik Analisis Data Pemeriksaan Laboratorium Air Minum secara Analitik
Acara ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. Beliau berpesan supaya selama 2 hari ini, materi pertemuan bisa di serap dengan baik dan dapat meningkatkan kapasitas para peserta dalam melakukan penulisan dan menyajikan kajian dengan lebih baik agar kajian-kajian yang dilakukan oleh BBTKLPP Yogyakarta dapat lebih memberikan kontribusi terhadap upaya dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit.