Ministerial Lecture Bagi CPNS Kementerian Kesehatan Dengan Tema Sinergi Bersama Mewujudkan Indonesia Sehat


Pada hari Kamis, 11 Februari 2021 dilaksanakan Ministerial Lecture bagi CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan RI. Acara dilaksanakan di Aula Siwabessy untuk satker pusat dan secara daring untuk satker daerah. Di BBTKLPPP Yogyakarta, acara ini diikuti oleh Kepala BBTKLPP Dr. dr. Irene, MKM dan jajarannya di Bagian Tata Usaha Sayekti Udi Utama, SKM, M. Epid dan Dhelina Auza Utami, S. Farm., Apt mendampingi kedua CPNS BBTKLPP Yogyakarta yaitu Aga Aswanta Putra, S. Si dan Dewa Avatara Priyanka.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, kemudian pemaparan laporan dari Sekjen Kementerian Kesehatan drg. Oscar Primadi, MPH mengenai proses dan hasil seleksi CPNS di lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2019. Selanjutnya dilakukan Ministerial Lecture oleh Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. Beliau berpesan agar semua CPNS memiliki lima kompetensi smart ASN dalam transformasi pelayanan publik yaitu: 1. Integritas 2. Nasionalisme 3. Berwawasan global dan berbahasa asing 4. Profesional dan berjiwa melayani 5. Memiliki pola pikir entrepreneurship. Menteri Kesehatan juga mengingatkan agar selalu mempraktekkan 3 revolusi mental dalam menjalani pekerjaan sehari hari dengan jargon : 1. Sehat Tanpa Korupsi – Jaga Diri! Jaga Teman! Jaga Kemenkes! 2. Etos Kerja – Cepat Tepat Bersahabat 3. Indonesia Sehat – GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat).

Disela pemaparan ditayangkan video profil Kementerian Kesehatan dan dilanjutkan diskusi panel ASN Muda Berinterigrasi oleh Irjen Kementerian Kesehatan drg. Murti Utami, MPH. Beliau bercerita singkat tentang pengalamannya selama menjadi seorang ASN dan memberikan beberapa nasihat untuk selalu manfaatkan kesempatan yang ada, kerja keras harus diikuti dengan kerja cerdas untuk mencapai prestasi, positive thinking, nothing to lose, konsisten, selalu mensyukuri yang ada, bekerja dengan hati dan selalu melakukan instrospeksi diri.

Rangkaian acara terakhir adalah diskusi panel ASN Kemenkes Siap Menghadapi Pandemi oleh Plt. Dirjen P2P dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS. Beliau memaparkan strategi pencegahan dan pengendalian Covid-19 serta mengajak semua CPNS untuk bersatu melawan Covid-19 agar Indonesia bisa segera terbebas dari Covid-19. Penutupan acara Ministerial Lecture ini ditutup oleh Bagian Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan.

Salam Sehat