Monitoring Dan Evaluasi Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial KLB/Wabah Di Lingkungan Sekolah Tahun 2020


Menindaklanjuti kegiatan surveilans faktor risiko penyakit potensial KLB/Wabah di lingkungan sekolah Kabupaten Kulon Progo Daerah istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah, dilaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kepada stakeholder terkait.
Kegiatan ini dilaksanakan di Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan kebudayaan/Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga serta sekolah yang menjadi lokasi kegiatan.
Pelaksanaan kegiatan pada tanggal 30 Agustus dan 11 November di Kabupaten Kulon Progo serta tanggal 22 Oktober dan 13 November di Kabupaten Wonogiri.
Pada saat pelaksanaan monitoring dan evaluasi disampaikan laporan kegiatan dan diskusi tentang tindaklanjut rekomendasi pada laporan.
Pihak Dinas menerima dengan baik hasil kegiatan dan kemanfaatannya, rekomendasi yang disampaikan sebagian sudah dilaksanakan dan sebagian yang lain akan dilaksanakan menyesuaikan dengan jadwal kegiatan dari dinas dan sekolah, serta kondisi pandemi COVID-19 yang sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Hasil kegiatan dan rekomendasi yang diberikan juga secara umum akan disampaikan kepada seluruh sekolah sebagai langkah antisipasi akan kejadian penyakit potensial KLB/wabah di lingkungan sekolah.
Pihak sekolah secara khusus sudah melakukan beberapa rekomendasi yang disampaikan yaitu rekomendasi yang terkait dengan pengelolaan sarana cuci tangan, kewaspadaan terhadap tempat perindukan nyamuk dan ketersediaan tempat sampah, sedangkan untuk pengelolaan makanan dan minuman sebagian sudah melakukan tindaklanjut terhadap pedagang makanan dan minuman, dan sebagian sekolah akan melaksanakan rekomendasi setelah kegiatan belajar mengajar secara tatapmuka dilaksanakan.