Acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 56 Tahun 2020 Dan Penerimaan Penghargaan WBK Kementerian Kesehatan Tingkat Nasional


Menyemarakkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 Tahun 2020, Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Peyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M beserta seluruh jajaran eselon III dan IV mengikuti acara puncak peringatan HKN secara daring pada hari Kamis tanggal 12 November 2020. Peringatan HKN ke 56 Tahun 2020 mengambil tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Rangkaian acara puncak peringatan HKN adalah upacara yang diselenggarakan di Gedung Swadesi Kementerian Kesehatan R.I. diikuti oleh seluruh jajaran di Kementerian Kesehatan termasuk UPT, Rumah Sakit, Dinas Kesehatan dan Puskesmas seluruh Indonesia secara daring. Acara dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan R.I., Letjen Purn. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) sebagai Inspektur Upacara, didampingi para Menteri Kesehatan RI periode sebelumnya antara lain Dr. dr. Akhmad Sujudi, MHA, Prof. Dr. dr. H. Faried Anfasa Moeloek,SpOG, Dr. dr. Siti Fadilah Supari Sp.JP (K), dan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa Moeloek, SpM (K)), Ketua dan Wakil Ketua Komisi IX DPRRI, pejabat tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan R.I., purnabakti pimpinan tinggi Kemenkes R.I., SesMenko, Sekjen Sekretariat Utama Kementerian, Lembaga, Waprinpes, Kepala Lembaga Non Kementerian, Pimpinan Daerah, dan Kepala Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota, Kepala Unit / Kepala Teknis di Lingkungan Kemenkes R.I., Dekan Institusi Pendidikan dan juga Ketua LSM Organisasi Profesi / Organisasi Kemasyarakatan.
Tema HKN ke 56 Tahun 2020 “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” merupakan seruan kepada seluruh petugas kesehatan dan segenap komponen masyarakat untuk tetap bertekat dan berjuang dalam menyelamatkan bangsa di masa pandemi Covid-19. Tema ini memiliki sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19 yaitu “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19” yang juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak putus asa, tidak menyerah dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri demi mewujudkan Indonesia sehat. Tema ini merupakan slogan yang harus terus digaungkan sehingga masyarakat dapat mandiri dalam menjaga kesehatannya dengan berperilaku hidup sehat dan selalu menerapkan protokol kesehatan.
Pada Peringatan HKN Ke-56 ini Menteri Kesehatan RI memberikan sejumlah penghargaan bagi mereka yang sudah berjuang dan berjasa dalam rangka memerangi Covid-19 sebagai wujud apresiasi penanganan Covid-19 kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Lingkungan Kementerian Kesehatan R.I. Dalam kesempatan ini BBTKLPP Yogyakarta masuk dalam kategori 3 unit kerja di Lingkungan Kementerian Kesehatan R.I. yang ditetapkan sebagai unit kerja yang mengalami peningkatan dalam memenuhi persyaratan Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi selama 3 (tiga) tahun berturut – turut. Selain BBTKLPP Yogyakarta ada unit kerja lain yang juga menerima penghargaan kategori ini antara lain Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo dan Sekretariat Konsil Kedokteran Indonesia.
Harapan dari peringatan HKN ke 56 Tahun 2020 adalah sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Sesuai himbauan Menteri Kesehatan R.I. yang mengajak seluruh lapisan masyarakat dan tenaga kesehatan agar selalu disiplin dalam memerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19. Mari kita bersama - sama “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan selalu “Menjaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19” dengan tidak kendor dalam penerapan 3 M; Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Salam Sehat Indonesiaku.