Kegiatan Konfirmasi/Verifikasi Hasil Pemantauan Dan Pelaporan Program/Kegiatan Kementerian Kesehatan Triwulan Iii Tahun 2020


Yogyakarta, 4/11/2020. Diakhir triwulan III periode tahun anggaran 2020 Biro Perencanaan dan Anggaran Sekjen Kemenkes RI mengadakan forum Konfirmasi/Verifikasi Hasil Pemantauan dan Pelaporan Program/Kegiatan yang mengundang seluruh satker dilingkungan Kementerian Kesehatan baik satker Pusat, satker Daerah dan satker Dekonsentrasi. Pelaksanaan dilakukan dengan kombinasi mekanisme rapat tatap muka dan media vicon bagi satker daerah. Acara berlangsung selama 4 hari dari tanggal 4 November sd 7 November 2020.

Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kemenkes harus mempertahankan kinerja optimal, diantara kondisi Pandemik jangan sampai pelaporan menjadi lemah sehingga menyebabkan gambaran kinerja menjadi tergambar tidak optimal. Setelah dua tahun berturut turut Kemenkes mendapatkan penghargaan sebagai satker dengan capaian pengelolaan anggaran KL terbaik dan mendapatkan penghargaan berupa penambahan pagu anggaran di tahun 2020, yang pada saat ini digunakan untuk pemanfaatan penanggulangan Covid19.

Pada pertemuan ini diberikan penghargaan berupa Piagam EMONEV AWARD Tahun 2020 dari Menteri Kesehatan kepada satker dilingkungan Kementerian Kesehatan yang memiliki nilai kinerja terbaik. Penghargaan EMONEV AWARD Tahun 2020 untuk kategori pencapaian kinerja terbaik dimenangkan oleh satker Dinkes Jawa Timur, BKOM Bandung, Badan Penelitian dan Pengambangan Kesehatan. Sedang untuk kategori kepatuhan dimenangkan oleh satker Dinkes Lampung, Poltekes Jambi, Biro Umum dan Organisasi dan Sekretariat Jenderal Kemenkes RI.

Pada pertemuan ini diberikan refreshing penginputan dalam aplikasi pelaporan dan feedback hasil capaian kinerja Kemenkes berdasarkan hasil pemantauan melalui instrument pemantauan eMonev Bappenas, eMonev SMART DJA dan ePerformance oleh panel narasumber dari Dit. Sistem dan Pemantauan Bappenas, Subdirektorat Teknologi Informasi Penganggaran Direktorat Sistem Penganggaran Kemenkeu. Nilai kinerja Kemenkes sampai triwulan III terlihat masih sangat rendah. Hal ini disampaikan oleh narasumber bahwa kondisi Pandemi Covid19 jangan sampai mempengaruhi kinerja Kemenkes yang selama 4 tahun kebelakang sudah sangat baik.


Tiba diacara inti penelitian Kasubbag Evapor APBN III Sekjen Kemenkes menyampaikan penjelasan mekanisme desk yang akan berlangsung antara tim pereviu Biro Perencanaan dan Anggaran dan seluruh satker di lingkungan Kemenkes RI. Proses desk dengan satker berlangsung sampai dengan akhir pertemuan. BBTKLPP Yogyakarta telah menyelesaikan proses desk kinerjanya dan telah dilakukan verifikasi atas tampilan pencapaian kinerja yang telah dilaporkan.

Harapan kedepan instrumen monev ini benar-benar dapat menjadi acuan kebijakan dalam menetapkan langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan percepatan kegiatan dan penyerapan anggaran, yang tentunya perlu didukung oleh kesiapan sistem dan sumber daya manusia yang mumpuni agar pemantauan dan pelaporan dilakukan secara baik dan benar. 



Salam sehat