"Evaluasi Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi"


Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta merupakan satu dari 15 Satuan kerja (Satker) yang diusulkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengikuti penilaian Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahap lanjutan yaitu Tahap Evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Kegiatan evaluasi dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada tanggal 27 Oktober 2020 selama satu jam dari Pukul 09.30 – 10.30 WIB.
Meeting dihadiri oleh Tim Penilai dari Kemenpan RB (Bapak Achmad Yunus dan Ibu Diaz Ayu Hapsari Putri), Tim Pendamping dari Inspektorat Jenderal Kemenkes (Ibu drg. Rarit Gempari, MARS. dan Bapak Kadek Pandreadi,S.Pd, M.M.), Kepala BBTKLPP Yogyakarta (Ibu Dr. dr. Irene, M.K.M.), Ketua Tim WBK (Ibu Indah Nurhaeni, S.Si., M.Sc.) serta Tim WBK/WBBM BBTKLPP Yogyakarta.
Kepala BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan presentasi capaian hasil pembangunan Zona Integritas pada enam kelompok kerja yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penata sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu, disampaikan juga capaian kinerja dan pemberian pelayanan publik selama masa pandemi COVID-19, dan video pembangunan Zona Integritas BBTKLPP Yogyakarta dari awal dibentuk hingga saat ini.
Selanjutnya Ibu Diaz menyampaikan tanggapan dan pertanyaan terkait pelayanan online, kinerja e-office BBTKLPP Yogyakarta yaitu esimdadu, pemberitahuan hasil secara otomatis melalui sms gateway, kegiatan Agent of Change (AOC), dan peran BBTKLPP Yogyakarta dalam penanggulangan pandemi COVID-19. Ibu Diaz mengapresiasi atas capaian kinerja BBTKLPP Yogyakarta yang tidak terganggu pada masa pandemi dan justru semakin banyak dan berperan besar dalam penanggulangan COVID-19.
Bapak Yunus menyampaikan bahwa beliau sudah melihat komitmen BBTKLPP Yogyakarta dalam membangun ZI antara lain pembentukan AOC, kemudahan pelayanan, dan pengawasan. Beliau berpendapat bahwa program WBK BBTKLPP Yogyakarta telah lengkap, namun tugas Tim Penilai adalah memilih yang terbaik dari yang sudah baik. Tim Penilai berharap BBTKLPP Yogyakarta dapat lolos WBK Nasional Kemenpan RB.