Dukungan BBTKLPP Yogyakarta Dalam Penyelidikan Epidemiologi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Ponjong 1 (Kasus 2) Kabupaten Gunung Kidul D.I. Yogyakarta


Hasil pemeriksaan swab sampel kontak erat kasus konfirmasi COVID atas nama “SN” yang dilaksanakan 6 Agustus 2020 sebanyak 12 orang teridentifikasi negatif semua. Namun pada tanggal 10 Agustus teridentifikasi kasus baru konfirmasi COVID di wilayah kerja Puskesmas Ponjong 1 atas nama “SA” dengan riwayat perjalanan dari Jakarta. Terkait dengan hal tersebut dilakukan dukungan penyelidikan epidemiologi oleh Tim BBTKLPP Yogyakarta di wilayah kerja Puskesmas Ponjong 1. 

Berdasarkan koordinasi dengan Kepala Puskesmas dan tim COVID Puskesmas Ponjong 1 yang dipimpin oleh Bapak Ony Muhantoyo teridentifikasi sebanyak 26 orang kontak terhadap kasus konfirmasi melalui peristiwa duka yang dialami keluarga kasus (melayat). Terhadap 26 orang kontak erat tersebut selanjutnya dilakukan wawancara menggunakan instrumen Formulir Penyelidikan Epidemiologi Coronavirus Disease (Covid-19) dan pengambilan sampel Swab oleh Petugas Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta dan petugas Laboratorium Puskesmas Ponjong 1.

Pelaksanaan wawancara dan pengambilan sampel Swab dilaksanakan di ruang terbuka (di halaman rumah kasus) dengan tata laksana dan APD Standar sesuai Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi- 5 dalam rangka Penyelidikan Epidemiologi.  Kepada kontak erat disampaikan juga untuk melakukan karantina mandiri, melaporkan sesegera mungkin jika muncul gejala seperti batuk, pilek, sesak nafas, dan gejala lainnya agar cepat mendapatkan tindakan untuk mencegah perburukan. Selanjutnya Sampel Swab dibawa ke BBTKLPP Yogyakarta untuk dilakukan Tes PCR agar dapat diputuskan penanggulangan selanjutnya berdasarkan hasil Pemeriksaan Laboratorium.


Salam Sehat