Dukungan BBTKLPP Yogyakarta Dalam Penyelidikan Epidemiologi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Sewon Ii Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta


Tanggal 6 Agustus 2020, dilakukan dukungan Penyelidikan Epidemiologi (PE) penanganan COVID-19 di Kabupaten Bantul oleh Tim PE BBTKLPP Yogyakarta yang dipimpin Dhelina Auza Utami, S.Farm., Apt. Kegiatan ini sebelumnya diawali dengan koordinasi oleh Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi BBTKLPP Yogyakarta, dr. Yohanna Gita Chandra, M.S., dengan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, dr. Abednego Dani Nugroho. Berdasarkan hasil koordinasi tersebut, ditetapkan lokus PE di wilayah kerja Puskesmas Sewon II Bantul.


Menindaklanjuti hasil koordinasi tersebut, Ketua Tim PE berkoordinasi dengan petugas surveilans Puskesmas Sewon II dan melaksanakan kegiatan ke lapangan bersama tim dan petugas Puskesmas Sewon II. Kegiatan ke lapangan ini berupa wawancara dan pengambilan swab kontak erat serumah kasus konfirmasi. Wawancara menggunakan panduan instrumen berupa Formulir PE COVID-19 sebagaimana ketentuan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Pelaksana wawancara adalah Tim PE BBTKLPP Yogyakarta, yang dilakukan terhadap 10 orang kontak erat kasus. Sepuluh kontak erat tersebut terdiri dari 5 orang kontak erat serumah, 4 orang kontak erat di tempat kerja (Puskesmas Sewon I), dan 1 orang tetangga. Selain wawancara, dilakukan pula pengambilan swab nasopharyngeal (NP) dan oropharyngeal (OP) oleh petugas Tim PE BBTKLPP Yogyakarta bersama petugas Puskesmas Sewon II. Pengambilan swab dilakukan terhadap 5 dari 10 kontak erat kasus. Kelima kontak erat tersebut adalah kontak erat serumah, sedangkan 5 kontak erat lainnya telah melakukan swab di Puskesmas Sewon I dan RSLKC. Sampel swab dibawa ke BBTKLPP Yogyakarta untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode PCR sebagai dasar pengambilan keputusan penanggulangan yang dibutuhkan.


Dalam pelaksanaan wawancara dan pengambilan swab, Tim BBTKLPP Yogyakarta bersama petugas Puskesmas Sewon II melakukan PE ke rumah kasus dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai pedoman yang berlaku, yaitu dilaksanakan di ruang terbuka (teras rumah) dengan menjaga jarak, memakai APD sesuai ketentuan, serta mencuci tangan.


Diharapkan rangkaian pelaksanaan kegiatan PE ini mampu menjaring lebih dini kasus baru COVID-19, termasuk kontak erat penderita, dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19.  


Tetap semangat supaya selalu sehat!