Pemeriksaan Pcr Sars-Cov-2 Dengan Metode Pool Test


Dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas pengujian spesimen COVID-19, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan Zoom Meeting dengan tema “Pemeriksaan PCR SARS-CoV-2 dengan Metode Pool Test” pada hari Rabu, 22 Juli 2020 pada pukul 07.30 – 09.30 WIB dengan narasumber Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc. Acara ini  diikuti oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M, Kepala Bidang PTL (Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc.), Kepala Bidang SE (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.), Kasie Teknologi Laboratorium (Nila Cakrawati, S.T, M.Sc), Kasie Advokasi dan KLB (Heni Amikawati, S.K.M.), Kasie Pengkajian dan Diseminasi (Imam Wahjoedi, S.K.M, M.P.H.), serta beberapa personil yang terlibat dalam pengujian dan pelaporan spesimen COVID-19 di BBTKLPP Yogyakarta. Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala atau perwakilan dari BBTKLPP Jakarta, BBTKLPP Surabaya, BTKL Ambon, BTKL Manado, BTKL Batam, dan BTKL Palembang. 

Kepala BBTKLPP Yogyakarta membuka acara dan  mengucapkan terimakasih kepada Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc. selaku Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK. Universitas Andalas/Direktur Umum dan Sumber  Daya RS Universitas Andalas yang telah bersedia menjadi narasumber pada kegiatan ini disela–sela tugasnya yang sangat padat, masih  menyempatkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang pemeriksaan PCR SARS-CoV-2 dengan metode pool test. Selain itu juga disampaikan bahwa BBTKLPP Yogyakarta sebagai jejaring laboratorium nasional sudah bekerja keras dan berupaya untuk menyelesaikan pemeriksaan sampel dalam jumlah banyak sehingga memberikan kontribusi hampir 15% hasil nasional dari 193 laboratorium yang sudah aktif sebagai laboratorium pemeriksa spesimen COVID-19. Dengan pertemuan tersebut, diharapkan Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc. dapat berbagi pengalaman tentang bagaimana cara memilih, memilah dan memeriksa sampel yang dapat dilakukan metode pool test. 

Acara dilanjutkan paparan dari narasumber Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc. dengan tema Pool Test untuk Percepatan Jumlah  Pemeriksaan Spesimen COVID-19. Dalam paparannya beliau menjelaskan bahwa Pool Test merupakan metode pemeriksaan kelompok, dimana sampel individual digabung ke dalam satu pool sampel untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap pool tersebut. Pada prinsipnya Pool Test dapat digunakan untuk penilaian infeksi pada insiden yang kecil, menyingkat waktu pemeriksaan, dan dianggap lebih menghemat anggaran karena efisien dari aspek pembiayaan. 

Rekomendasi untuk penggunaan metode ini, karena tidak diketahui nilai ct setiap sampel, maka pool yang bisa digunakan adalah menggabungkan 5 tabung menjadi 1 tabung atau 500 tabung menjadi 100 tabung

Acara dilanjutkan sharing, diskusi, dan tanya jawab. Setelah diskusi selesai acara ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta. Dalam penutupan disampaikan terimakasih kepada seluruh partisipan yang hadir dan berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.