Webinar Membangun Komunikasi Publik di Era Pandemi Covid-19


Pada tanggal 15 Juli 2020 Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI mengadakan Webinar Membangun Komunikasi Publik di Era Pandemi Covid-19. Peserta yang mengikuti webinar melalui zoom meeting tercatat sebanyak 392 termasuk dari BBTKLPP Yogyakarta yang diikuti oleh Sri Ningsih, S.ST., M.T. Peserta berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain melalui zoom, webinar dapat diikuti melalui youtube dan instagram. Webinar diselenggarakan mulai jam 09.00-11.00 WIB dengan moderator Sekretaris Ditjen Kesmas, dr. Eni Gustina, MPH.

Webinar dibuka dengan sambutan oleh Dirjen Kesmas, dr. Kirana Pritasari, MQIH. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pandemi Covid-19 berdampak di semua sektor, untuk itu pemerintah telah menerbitkan peraturan-peraturan tentang protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru. Dalam hal ini peran komunikasi dan humas sangat penting untuk menyosialisasikan pesan kepada publik. Melalui webinar ini diharapkan dapat memperkuat strategi komunikasi pemerintah dalam membangun kepercayaan publik termasuk memperkuat pelaksanaan komunikasi perubahan perilaku bagi masyarakat Indonesia di era pandemi Covid-19 ini.

Materi pertama Dinamika Penularan Covid-19 pada Wilayah Indonesia disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto. Dalam materi ini dijelaskan antara lain tentang sebaran Covid-19, peta risiko kenaikan kasus, dan strategi Indonesia dalam penanganan Covid-19, 

Materi kedua Strategi Membangun Kepercayaan Publik disampaikan oleh PF Ahli Utama BKKBN dpk Kemenkes, Dr. Abidinsyah Siregar, DHSM, MBA, M.Kes. Dalam materi ini dijelaskan antara lain tentang dampak Covid-19, analisis situasi Indonesia, tantangan komunikasi, dan strategi-strategi membangun kepercayaan publik

Materi ketiga Komunikasi Perubahan Perilaku Isu-Isu Penting disampaikan oleh Pakar Komunikasi Risang Rimbatmaja. Dalam materi ini dijelaskan antara lain tentang pendekatan intervensi perubahan perilaku, komunikasi perubahan perilaku, ideational model of communication, dan komunikasi tatap muka.

Setelah semua materi selesai dipaparkan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama.