Webinar Pelayanan Publik di Era New Normal Life


Dalam rangka Dies Natalis ke-2 Universitas Bali Dwipa menyelenggarakan  Webinar Pelayanan Publik di Era New Normal Life  pada tanggal 16 Juli 2020. Webinar dimulai jam 10.00-12.00 WITA atau jam 09.00-11.00 WIB secara virtual melalui google meet. Peserta yang bergabung melalui google meet sebanyak 52 orang termasuk BBTKLPP Yogyakarta yang diikuti oleh Sri Ningsih, S.ST., M.T. Webinar juga dapat diikuti melalui youtube.

Webinar yang dimoderatori oleh Ko-Prodi Hubungan Masyarakat Universitas Bali Dwipa, Luh Micke Anggraini, S.ST.Par, MTP, Ph.D diawali dengan pembacaan tata tertib dan susunan acara. 

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi, Drs. I Wayan Adnyana, MM. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta yang telah mengikuti webinar. Semoga bermanfaat, ke depan kita dapat menuju ke kehidupsn normal yang sesungguhnya.

Sambutan kedua sekaligus membuka acara webinar dari Rektor Universitas Bali Dwipa, Dr. Ir. Ketut Suriasih, M.App.Sc. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan acara. Semoga acara dapat bermanfaat dan berjalan lancar. 

Acara berikutnya adalah penyampaian materi, dengan materi pertama Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Era New Normal yang disampaikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan Informasi Birokrasi RI, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. Dalam materi ini disampaikan antara lain tentang managing service quality, kebijakan MenPANRB tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan ASN, strategi pelaksanaan transformasi penyelenggaraan pelayanan publik dalam tatanan normal baru, cara penyelenggaraan pelayanan publik pada masa awal pandemi dan pada masa tatanan normal baru, pengelolaan pengaduan pada masa pandemi dan tatanan normal baru, apresiasi inovasi pelayanan publik penanganan Covid-19, lesson learned dari kondisi pandemi, dan mewujudkan pelayanan prima.

Materi kedua dengan bahasan Bela Negara di Era New Normal, disampaikan oleh Dirjen Pothan Kemhan RI, Kol. Inf. Ketut Budiastawa, S.Sos, M.Si. Dalam paparannya dijelaskan tentang definisi bela negara, arahan Presiden Jokowi, sishankamrata, peran serta kader bela negara dalam masa pandemi, dan harapan bela negara pada era new normal.

Materi ketiga Interaksi di Ruang Publik yang disampaikan oleh Dekan Fisip Universitas Udayana, Dr. Drs. I Gusti Putu Bagus Suka Arjana, M.Si. Dalam materinya dijelaskan tentang definisi ruang publik, perkembangan pemahaman ruang publik, kelemahan ruang publik, corona di ruang publik, upaya di ruang publik, dan memperbarui strategi komunikasi.

Setelah semua materi selesai dipaparkan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskudi. Acara ditutup dengan foto bersama.