Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Fungsional Pranata Laboratorium Kesehatan Dan Pengambilan Sumpah Aparat Sipil Negara (ASN) Di Lingkungan BBTKLPP Yogyakarta


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional pranata laboratorium kesehatan (PLK) dan pengambilan sumpah ASN di lingkungan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Juli 2020, bertempat di aula lantai 3 BBTKLPP Yogyakarta.  Acara pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh pejabat administrator dan pengawas serta pejabat fungsional ahli madya. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional PLK dilaksanakan kepada 1 orang untuk menduduki jabatan fungsional PLK terampil yaitu Ignatius Irvan Triantoro, sedangkan pengambilan sumpah ASN dilaksanakan kepada 10 orang ASN yaitu Rahmawati Wahyu Utami, Diah Armyati, Tarsini, Restu Wiratni, Arsita Harumsari, Tri Mulyani, Yuli Patmasari, Septi Supriyatin, Ita Latiana Damayanti, dan Theresia Aprilia Girsang.

Acara dipimpin oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, M.K.M. dengan diawali memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI oleh Kepala Sub Bagian Umum, Pama Rahmadewi, S.K.M., dan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat fungsional PLK terampil oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta didampingi pejabat Rohaniwan dari Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (Sumarjan). Penandatanganan naskah berita acara sumpah jabatan fungsional PLK terampil oleh Ignatius Irvan Triantoro disaksikan Kepala Bidang PTL, Indah Nur Haeni, S.Si., M.Sc dan Kepala Bagian Tata Usaha, Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes.

Acara selanjutnya yaitu pengambilan sumpah ASN oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta didampingi pejabat rohaniwan Kemenag DIY, dilanjutkan penandatangan naskah berita acara sumpah ASN oleh 10 orang ASN dengan disaksikan oleh Kepala Bidang PTL dan Kepala Bagian Tata Usaha.

Arahan Kepala Balai kepada pejabat fungsional yang dilantik serta ASN yang telah diambil sumpah antara lain bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat di setiap instansi pemerintah merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai. Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata – mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik, terutama kaitanya dengan kegiatan prioritas pembangunan. Pengaturan Manajemen PNS melalui PP NO 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS bertujuan untuk menghasilkan PNS yang professional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktik KKN, dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan. Jabatan adalah sebuah amanah dan kepercayaan, untuk itu  perlunya pembuktian dari kemampuan diri dengan menunjukkan prestasi kerja yang baik sebagai sarana instropeksi dan evaluasi peningkatan kinerja dimasa yang akan datang.

Pada akhir arahan, Kepala Balai memberikan ucapan selamat kepada pejabat fungsional yang baru dilantik dan kepada 10 orang ASN yang diambil sumpah pada hari ini. Beliau juga menekankan kepada seluruh pejabat, baik yang dilantik maupun yang hadir agar senantiasa menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi, yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karier pegawai. Acara ditutup dengan doa oleh Muhammad Tarmidzi, S.K.M., M.Kes. dan pemberian selamat kepada pejabat yang dilantik dan 10 ASN yang diambil sumpah.