Pelantikan Jabatan Fungsional Ahli Madya Di Lingkungan Ditjen P2P


Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan bagi Pejabat Fungsional Ahli Madya di lingkungan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes R.I. dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Juli 2020. Acara dilaksanakan di Aula Lantai 3 BBTKLPP Yogyakarta melalui virtual meeting bersama Dirjen P2P. Adapun pegawai yang dilantik sebagai pejabat fungsional ahli madya adalah Dian Trikoriati, S.T., S.K.M., M.P.H. sebagai Fungsional Epidemiolog Kesehatan Ahli Madya dan Dr. Andiyatu, S.K.M., M.Si. sebagai Fungsional Entomolog Kesehatan Ahli Madya.

Acara diawali dengan mendengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Pembacaan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI dilanjutkan pelantikan pejabat fungsional pada BBTKLPP Yogyakarta oleh Direktur Jenderal. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional ahli madya dilakukan oleh Dirjen P2P, dr. Achmad Yurianto disaksikan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta beserta seluruh pejabat administrasi dan pengawas di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta.

Acara dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan oleh Direktur Jendral yang didampingi oleh pejabat Rochaniawan Kemenag DIY, Bapak Nur Ahmad Ghojali, kemudian dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh pengangkat dan pengambil sumpah yang disaksikan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, MKM dan Kepala Bagian Tata Usaha BBTKLPP Yogyakarta Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes.  

Dalam arahannya Direktur Jenderal P2P, dr. Achmad Yurianto menyampaikan bahwa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan jabatan fungsional epidemiolog madya dan entomolog madya di BBTKLPP Yogyakarta diharapkan dapat dipahami sebagai tantangan. Jabatan ini merupakan upaya membina ASN agar kita bisa lebih mudah, lebih terkumpul dan lebih sistematis dalam upaya meningkatkan kompetensi dan ilmu sesuai dengan jabatan fungsonal masing–masing. Tujuan pelantikan adalah dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi serta pembinaan peningkatan kinerja ASN. Pelantikan yang dilaksanakan dengan cara yang tidak seperti biasa yaitu virtual meeting ini justru menjadi titik tolak bahwa pelantikan tetap bisa dilaksanakan meski secara fisik tidak berada dalam satu tempat di Jakarta, kita harus berupaya beradaptasi dengan keadaan dimana diperlukan cara atau metode yang lebih efektif dan efisien. Sebagai ASN kita harus mulai menanamkan sikap kejujuran, keterbukaan dan bersedia menerima kritik dan saran di dalam upaya kita meningkatkan kompetensi dan ilmu dalam rangka menjalankan tugas–tugas negara. Hal ini akan memudahkan semua orang dapat melihat secara objektif, melihat integritas, loyalitas dan komitmen kita terhadap tugas dan fungsi yang sesuai dengan kompetensi yang kita miliki. Diakhir arahannya, Dirjen P2P mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik dan berharap kedepan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Bagimu Negeri, dan sebagai penutup acara dilakukan pembacaan doa dari rohaniawan dan diakhiri dengan pemberian selamat kepada Pejabat fungsional teknis ahli madya yang dilantik.