Pertemuan Virtual Koordinasi B/BTKL-PP Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Tas Filariasis Tahun Anggaran 2020


Pertemuan Virtual Koordinasi B/BTKL-PP dalam rangka Kesiapan Pelaksanaan PRE/TAS -TAS Filariasis Tahun Anggaran 2020 yang diselenggarakan oleh Direktorat P2PTVZ, Direktorat Jenderal P2P pada Kamis, 2 Juli 2020 pukul 09.00 hingga selesai merupakan bentuk monitoring rencana pelaksanaan survei penilaian penularan/Transmission Assessment Survey (TAS) maupun Pre-TAS di masa pandemic Covid 19. Pertemuan dihadiri oleh Kepala (atau yang mewakili) dan pemegang program Filariasis dan Kecacingan dari 10 B/BTKLPP di seluruh Indonesia. 


Dalam mengikuti virtual meeting tersebut, BBTKL-PP Yogyakarta dihadiri oleh Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.), Kepala Seksi Pengkajian dan Diseminasi Informasi (Imam Wahjoedi, S.K.M., M.P.H.), Kepala Seksi Advokasi Kejadian Luar Biasa (Heni Amikawati, S.K.M.), JFT Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda (Heldhi B. Kristiyawan, S.K.M., M.Eng.), dan JFU Sanitarian (Sukirno, S.K.M.).


Pertemuan yang dipimpin oleh Kasubdit Filariasis dan Kecacingan (Lita Renata Sianipar, S.K.M., M.Epid.) ini membahas tentang kesiapan 10 B/BTKLPP dalam pelaksanaan survei evaluasi POPM Filariasis tahun anggaran 2020 dan perencanaan kegiatan 2021 di wilayah kerja masing-masing. 


Untuk BBTKLPP Yogyakarta, pada tahun 2020 mengagendakan pelaksanaan evaluasi PRE-TAS di 3 kabupaten di Jawa Tengah, yaitu: Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Pekalongan. Pada Tahun 2021 direncanakan pelaksanaan TAS 1 di 3 kabupaten, yaitu: Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Pekalongan. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang juga dialami wilayah sasaran PRE-TAS yang belum diketahui sampai kapan berakhirnya, maka pelaksanaan PRE-TAS, yang sedianya dilaksanakan pada bulan Juni, Juli, dan Agustus tahun 2020 menjadi ditunda, pelaksanaannya diusulkan menjadi pada tahun 2021. Dengan demikian, usulan tahun 2021 yang sebelumnya adalah kegiatan TAS 1, diganti menjadi PRE-TAS dengan lokasi tetap: Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Pekalongan. Anggaran PRE-TAS tahun 2020 di-refocusing untuk pelaksanaan pengendalian Covid-19 di wilayah layanan BBTKLPP Yogyakarta.


Pertemuan ditutup dengan arahan oleh Direktur P2PTVZ (dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.). Beliau menyampaikan bahwa sebaiknya pelaksanaan PRE-TAS dan TAS Filariasis tetap dilaksanakan di wilayah zona hijau Covid-19. Untuk B/BTKLPP yang anggaran PRE-TAS atau TAS tahun 2020-nya sudah di-refocusing untuk pengendalian Covid-19, dapat menyampaikan dalam bentuk surat resmi kepada Direktur P2PTVZ sebagai dasar perencanaan anggaran tahun 2021.