Sinergitas Laboratorium Pemeriksa Covid-19


Percepatan penanganan specimen Covid-19 memerlukan ketepatan tindakan dalam mengatasi situasi yang cepat berubah. Hal ini memerlukan kemitraan dan kerjasama dengan banyak pihak. Untuk meningkatkan sinergitas antara laboratorium pemeriksa, Dinas kesehatan dan RS rujukan pada hari kamis, 18 Juni 2020 pukul 07.30 WIB BBTKLPP Surabaya menyelenggarakan kegiatan webinar melalui aplikasi zoom meeting yang diikuti sekitar 388 partisipan termasuk BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Bidang PTL Ibu Indah Nur Haeni, SSi, MSc, Kepala Bidang SE Bp. Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes, Kepala Seksi Pengkajian dan Diseminasi Ibu dr. Yohanna Gita Chandra, MS dan Kepala Seksi Advokasi & KLB Ibu Heni Amikawati, SKM.

Webinar dibuka oleh Kepala BBTKLPP Surabaya. Dirjen P2P Bp. Achmad Yurianto turut memberikan arahan. Adapun narasumber webinar kepala BBTKLPP Jakarta sebagai perwakilan dari Laboratorium pemeriksa, Kepala Dinkes prov. NTB dan ketua Tim kuratif tugas covid -19 Jawa Timur sekaligus Direktur RD dr. Soetomo dr. Joni Wahyuhadi. Dalam arahannya Dirjen P2P mengajak untuk memahami situasi yang sedang terjadi di masyarakat. Kunci penanganan pandemic covid ini adalah cari, temukan, isolasi dan rawat. Kunci ini menjadi peran penting bagi para petugas kesehatan. Isolasi adalah hal mutlak jika sudah ditemukan melalui jalan perawatan. Beliau juga meminta menyelesaikan permasalahan secara sinergitas, bermitra dan menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya.
Webinar ini menyimpulkan bahwa semua pihak perlu meningkatkan pelayanan penanganan covid-19 secara bahu membahu. Kewaspadaan dan surveilans berbasis masyarakat untuk dapat terus ditingkatkan mengingat covid-19 merupakan penyakit self limiting disease yang ditularkan antar manusia.