Zoom Meeting Penguatan Jejaring Laboratorium PCR Di Jawa Tengah


Pertemuan virtual penguatan jejaring rujukan laboratorium PCR Jawa Tengah dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Juni 2020 Pukul 08.00 s.d 10.30. Acara dihadiri langsung oleh Ka. Dinkes Prov. Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo, M.Kes dengan Narasumber Kapuslitbang Biomedis dan Kesehatan Dasar Kemenkes RI Dr. dr. Vivi Setiawaty, M.Biomed dan Pembahas Ketua Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Tengah dr. Anung Sugihantono, M.Kes. Seluruh peserta dihadiri oleh seluruh penanggung jawab jejaring rujukan Lab PCR Jawa Tengah, diantaranya adalah perwakilan dari kesmas Dinkes Jateng, perwakilan dari RS Wongsonegoro, perwakilan dari Yankes Dinkes Provinsi Jateng, Perwakilan dari Puslitbang BTDK, perwakilan dari Balkesmas Ambarawa dan beberapa rumah sakit dan laboratorium yang bergabung dalam jejaring laboratorium pemeriksaan COVID-19 di Jawa Tengah. BBTKLPP Yogyakarta dihadiri langsung oleh Kepala Balai Ibu Dr. dr. Irene, MKM, Kepala Bidang PTL Ibu Indah Nur Haeni, SSi, MSc dan Kepala Bidang SE Bp. Sayekti Udi Utama, SKM, MKes.

Dalam pembukaan sekaligus arahannya Bp. dr. Yulianto Prabowo, M.Kes mengucapkan banyak terimakasih atas diselenggarakannya acara ini untuk mendukung apa yang telah menjadi kebijakan nasional yaitu percepatan penanganan pandemi COVID-19. Dalam arahannya beliau juga menyampaikan terimakasih  kepada BBTKLPP Yogyakarta karena yang pertama menjadi pioner selain Balitbangkes dalam mengampu pemeriksaan sampel Covid-19 di Jawa Tengah. Saat ini sudah datang mesin ekstraksi otomatis ke beberapa laboratorium dan  sedang proses penyelesaian pengadaan mesin ekstraktsi otomatis untuk mendukung pengujian di BBTKLPP Yogyakarta. Semoga semuanya dapat mendorong percepatan pemeriksaan yang targetnya 3.500 /1.000.000 penduduk dan pemeriksaan tidak hanya dikonsentrasikan di kota – kota besar saja tetapi juga di daerah – daerah. Harapannya dari  laboratorium PCR yang saat ini sudah berjalan agar bisa ditingkat terus sesuai surat edaran dari Dirjen P2P, dan  paling tidak 22 Rumah sakit dan laboratorium pemeriksa bisa mengupdate pemeriksaan PCR COVID-19 ke dalam aplikasi new allrecord. 

Acara dilanjutkan paparan yang disampaikan oleh Narasumber Kapuslitbang Biomedis dan Kesehatan dasar Kemenkes RI Dr. dr. Vivi Setiawaty, M.Biomed. Beliau menyampaikan capaian target pemeriksaan COVID-19 per hari dengan RT-PCR dan mengharapkan  dilakukan percepatan pemeriksaan karena telah terjadi penumpukan di Jawa Tengah. Acara terakhir diskusi terkait kendala dan permasalahan dalam penanganan pemeriksaan COVID yang dipimpin oleh Ketua Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Tengah dr. Anung Sugihantono, M.Kes.