Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial Klb Dalam Rangka Penanganan Covid-19 Di Kabupaten Gunungkidul D.I.Yogyakarta Tahun 2020


Pelaksanaan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Potensial KLB di Kabupaten Gunung Kidul rangka rangka penanganan COVID-19 dilaksanakan di Puskesmas Karangmojo II. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis – Jumat tanggal 11 dan 12 Juni 2020 merupakan kegiatan untuk Kontak Tracing dan Screening dari cluster pedagang ikan yang positif COVID 19. Pada hari pertama, DR. dr. Irene, M.K.M. didampingi oleh Kepala Bidang SE (Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes.), kepala seksi advokasi dan KLB (Heni Amikawati, SKM), Epidemiolog Muda (Imam Wahyudi, SKM, M.P.H.) dan tim laboratorium bersama-sama Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul (dr. Dewi Irawaty, M.Kes), dan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi (drg. Fransisca Niken Widyawati) ke Puskesmas Karangmojo II ditemui kepala puskesmas ibu Purwanti, SKM, MM untuk memantau  dan mengarahkan pelaksanakan kegiatan yang terdiri dari pemeriksaan rapid test menggunakan RDT dilanjutkan dengan pemeriksaan swab. Pemeriksaan RDT dan swab pada hari pertama dilakukan  sebanyak 166 orang dengan hasil reaktif sebanyak 6 orang.

 Pada hari jumat, 12 Juni 2020, dilaksanakan pemeriksaan rapid test sebanyak 126 responden yang reaktif sebanyak 11 responden dan pemeriksaan swab sebanyak 178 responden yang terdiri dari 165 responden merupakan swab ke dua, 11 responden merupakan swab pertama (hasil RDT reaktif) dan 2 responden dari keluarga kasus positif COVID-19. 

Dalam kegiatan ini diharapkan dapat segera memutuskan rantai penularan Covid-19 di masyarakat juga sekaligus akan meningkatkan cakupan pemeriksaan swab bagi penduduk resiko serta bisa dilakukan sebagai evaluasi terhadap sensitivitas serta spesivisitas penggunaan alat diagnostic (RDT) yang dipergunakan sebagai alat screening. Kegiatan ini berjalan lancar dengan pembagian tugas untuk pemeriksaan RDT dilaksanakan oleh petugas laboratorium Puskesmas dan Dinas Kesehatan Gunung Kidul, pengambilan swab dilakukan oleh petugas laboratorium Puskesmas dan Dinas Kesehatan Gunung Kidul yang sudah dilakukan On The Job Training oleh BBTKLPP Yogyakarta dengan didampingi oleh petugas laboratorium BBTKLPP Yogyakarta. Sedangkan pemeriksaan swab dilakukan oleh laboratorium BBTKLPP Yogyakarta. Untuk menggali informasi kontak responden reaktif terhadap kasus positif dilaksanakan oleh epidemiolog BBBTKLPP Yogyakarta, petugas surveilans Dinkes Gunung Kidul dan puskesmas Karangmojo II.