Virtual Meeting Dinas Kesehatan Diy Menghadapi Masa New Normal DIY


Untuk menghadapi telah berakhirnya masa tanggap darurat tahap I ke masa tanggap darurat ke II adalah menyiapkan DIY dalam memasuki masa new normal.

Pada hari Rabu, tanggal 3 Juni 2020 Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan virtual meeting yang diikuti oleh seluruh  Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, gugus tugas Covid DIY,  beberapa rumah sakit  serta jejaring laboratorium Pemeriksa Covid-19. Dalam acara tersebut BBTKLPP Yogyakarta dikuti oleh Kepala Balai Ibu Dr. dr. Irene, MKM, Kabid PTL Ibu Indah Nur Haeni, SSi, MSc dan Kabid SE Bapak Sayekti Udi Utama, SKM, MKes. 

Rapat dipimpin oleh Kepala  Dinas Kesehatan DIY,  Ibu drg. Pembayun Setyaning Astutie, M.Kes. Dalam pembukaan Beliau menyampaikan beberapa arahan dari Gubernur DIY bahwa :

1. Protokol kesehatan bisa dipastikan dapat dilaksanakan sampai basis wilayah terkecil yaitu RT.

2. Deteksi dini / screening untuk kasus baru harus lebih banyak dilakukan. Arahan dari WHO, pemeriksaan tidak hanya RDT saja tetapi juga pemeriksaan swab.

Ibu Pembayun menyampaikan bahwa dibeberapa wilayah kabupaten DIY sudah dilakukan screening dan masih membutuhkan banyak bantuan baik secara SDM maupun kelengkapannya. Harapannya jika screening sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan sarana pelayanan kesehatan untuk menindaklanjuti hasil dari screening itu sendiri. Berharap ini semua dapat menjadi PR bersama, bagaimana seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota maupun DIY dapat mengawal bahwa kesehatan wilayah itu menjadi satu titik point yang penting dan  menjadi tanggungjawab kita bersama. 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari masing-masing peserta pertemuan dan diskusi terkait masalah – masalah apa yang kemungkinan akan berpotensi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Materi diskusi diantaranya  masalah kesiapan RS/Faskes untuk entry data pasien ke aplikasi New Allrecord.