Penilaian Internal Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) BBTKLPP Yogyakarta


PENILAIAN INTERNAL WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) BBTKLPP YOGYAKARTA


Pada tanggal 2 dan 3 Juni 2020 dilaksanakan penilaian internal Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) BBTKLPP Yogyakarta oleh Tim Penilai Internal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan dibuka pada tanggal 2 Juni 2020 dengan Tim WBK BBTKLPP Yogyakarta berkumpul di Aula lantai 3 BBTKLPP Yogyakarta, sedangkan Tim Penilai Internal Kemenkes (Bapak Wahono, S.T., M.M., Bapak Warseno,S.Kom., M.M., Bapak Endang Suryadi, S.K.M., M.M., Bapak Deny Yudhistira, S.K.M., dan Ibu Lady Farah Fatmawati, S.K.M.) hadir secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting. 


Susunan acara terdiri dari pembukaan, mendengarkan lagu Indonesia Raya, Yel yel WBK oleh Tim WBK BBTKLPP Yogyakarta, sambutan Kepala BBTKLPP Yogyakarta, sambutan perwakilan Tim Penilai Internal, paparan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, tanya jawab/tanggapan dan penyampaian teknis penilaian oleh Tim Penilai Internal, dilanjutkan dengan penilaian masing-masing kelompok kerja (Pokja) Tim WBK.


Dalam sambutan Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Ibu Dr. dr. Irene, M.K.M. menyampaikan bahwa saat pandemi COVID-19 ini asesmen dilaksanakan dengan teleconference yang tentunya berbeda dengan asesmen pada biasanya. Seluruh proses pelaksanaan WBK di BBTKLPP Yogyakarta sudah diupload dalam aplikasi SIPINAL dan didokumentasikan dalam bentuk flipbook. Pada tahun ini ada pergantian personil Pokja karena ada mutasi internal pejabat struktural eselon IV BBTKLPP Yogyakarta selaku ketua pokja, namun dalam pemaparan ini masih akan disampaikan oleh Tim Pokja sebelumnya.


Sambutan perwakilan Tim Penilai Internal disampaikan oleh Bapak Warseno, S.Kom., M.M. Beliau menyampaikan bahwa penilaian ini dilakukan sangat berbeda karena dilaksanakan secara virtual. Tim penilai menyampaikan adanya perubahan pada penilaian dibuat lebih rinci  dan terkait dengan survei pelanggan akan dilaksanakan secara online serta akan dicari sasaran yang akan dijadikan survei. 


Paparan Kepala BBTKLPP Yogyakarta diisi dengan pemaparan tentang profil BBTKLPP Yogyakarta, dasar hukum, tugas pokok dan fungsi, pelayanan yang dilaksanakan oleh masing-masing Bidang/Bagian, pemaparan tentang tugas yang dilaksanakan masing-masing Pokja WBK di BBTKLPP Yogyakarta, serta kendala-kendala dalam pelaksanaan SMS blast. Tim TPI Bapak Wahono, S.T., M.M. memberikan tanggapan bahwa pemaparan sudah cukup bagus, semoga yang dilakukan bukan hanya untuk pemenuhan dokumen WBK namun memang diaplikasikan sehari-hari. Tim TPI juga memberikan beberapa pertanyaan terkait tampilan website dan pelayanan publik. Acara dilanjutkan dengan penilaian masing-masing Pokja WBK dari Pokja 1 hingga Pokja 6. Penilaian yang belum selesai dilanjutkan pada hari berikutnya. Pemenuhan kelengkapan dokumen dapat diselesaikan sesuai hasil diskusi dan saran-saran dari TPI tanggal 3 Juni 2020.