Pertemuan Koordinasi Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BBTKLPP Yogyakarta


Sejak Juli 2017, BBTKLPP Yogyakarta telah mencanangkan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Dan pada tahun 2017 berdasarkan Keputusan Dirjen P2P Nomor HK.02.02/1/141/2017, BBTKLPP Yogyakarta ditunjuk sebagai Satker yang menerapkan Zona Integritas berdasarkan Keputusan dan pada Bulan November 2018 BBTKLPP Yogyakarta ditetapkan sebagai Satker yang sudah Menerapkan Zona Integrias oleh Menteri Kesehatan.
Sehubungan dengan itu, pada hari Kamis tanggal 28 Mei 2020 bertempat di aula lantai 3 kantor BBTKLPP Yogyakarta diselenggarakan Pertemuan Koordinasi Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan agenda evaluasi pelaksanaan WBK/WBBM dan sosialisasi surat keputusan anggota tim pokja baru.
Acara dibuka langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr.dr. Irene, M.K.M dan diikuti oleh semua tim kelompok kerja (pokja) pembangunan ZI menuju WBK/WBBM BBTKLPP Yogyakarta. Dalam sambutannya, Ibu Irene menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan kerja keras dari seluruh tim pokja yang telah bahu membahu menyiapkan dokumen pendukung WBK/WBBM terutama telah menjadi agen of change dalam rangka implementasi ZI WBK/WBBM di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta. Sebagai evaluasi, pada tahun 2019 BBTKLPP Yogyakarta adalah salah satu satuan kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan yang telah mengikuti tahapan Desk Evaluasi WBK tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Akan tetapi dari 2 indikator yang dinilai yaitu Indeks Pelayanan Publik (IPP) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK), hanya nilai indikator IPP (32) yang dapat dipenuhi oleh BBTKLPP Yogyakarta, sedangkan nilai indikator IPAK (36) belum dapat dipenuhi, hanya kurang 0,1 poin saja namun itu sangat menentukan. Oleh karena itu, Ibu Irene mengharapkan agar tim pokja dan seluruh pegawai tetap semangat dalam melaksanakan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM di BBTKLPP Yogyakarta agar dapat lulus WBK/WBBM pada tingkat nasional dan berhasil menjadi satker yang melayani masyarakat dengan pelayanan prima.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi surat keputusan anggota tim pokja baru yang disesuaikan sehubungan dengan adanya pelantikan pejabat struktural di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta dan penyesuaian anggota tim pokja lain yang terdiri dari Pokja I (Manajemen Perubahan), Pokja II (Penataan tatalaksana), Pokja III (Penataan Sistem Manajemen SDM), Pokja IV (Penguatan Akuntabilitas), Pokja V (Penguatan Pengawasan), dan Pokja VI (Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik). Tujuan pembaharuan tim pokja ini adalah untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing pokja pembangunan ZI menuju WBK/WBBM BBTKLPP Yogyakarta.
Acara selanjutnya adalah sesi diskusi antar anggota pokja dengan hasil terdapat beberapa masukan yang harus di tindaklanjuti. Terakhir acara penutupan langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta.