On The Job Training Pengambilan Sampel Usap Dan Manajemen Sampel Covid-19


Pada tanggal 23 April 2020, telah dilaksanakan On the Job Training (OJT) pengambilan sampel usap dan manajemen sampel COVID-19 di RS Lapangan Khusus COVID-19 (RSLKC) Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang peserta yang terdiri dari tenaga medis dan paramedis dari RSLKC Bambanglipuro Kabupaten Bantul dan RS Elizabeth Bantul.

Acara dimulai dengan penjelasan dari Kepala RSLKC Bantul dr. T Glory mengenai RSLKC Bantul yang saat ini merupakan satu-satunya RS khusus COVID-19 di DIY. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, MKM. Disampaikan apresiasi mengenai adanya RS khusus COVID-19 tersebut dan dukungan BBTKLPP Yogyakarta terhadap penanganan kasus COVID-19 di RSLKC Bantul tersebut.

Acara berikutnya adalah paparan mengenai Teknik pengambilan sampel usap COVID-19 serta pengepakan dan pengiriman sampel. Materi disampaikan Yulianta,S.ST. setelah penyampaian materi acara dilanjutkan dengan simulasi pengambilan sampel di kelas oleh sesama peserta dengan dibimbing narasumber dan dilanjutkan dengan pengambilan sampel pada kasus COVID-19 yang dirawat di RSLKC Bantul.