Sosialisasi E-Office Kementerian Kesehatan Terintegrasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2020


Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan pada tanggal 12 s.d 14 Maret 2020 menyelenggarakan Sosialisasi e-Office Kementerian Kesehatan Terintegrasi bertempat di Hotel Santika Premiere Bandara, Lorong Perjuangan, Kebun Bunga, kecamatan Sukarami, kota Palembang, Sumatera Selatan 30961. Sosialisasi ini mengundang 103 satuan kerja.  Dari BBTKLPP Yogyakarta dihadiri oleh kasubbag Umum (Heni Amikawati)

Dalam sambutan selamat datang, kepala dinas kesehatan provinsi Sumatera Selatan (ibu Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes) menyampaikan ucapan terimakasih karena Palembang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara. Semoga acara berjalan lancar dan menyenangkan. UPT kemenkes yang berkedudukan di  Sumatera Selatan yang pada saat ini menghadiri pertemuan agar dapat "getok tular" materi yang disampaikan untuk kemajuan Sumatera Selatan.

Acara sosialisasi dibuka oleh kepala Pusat Data dan Informasi (Dr.drh.Didik Budijanto, M.Kes.) yang mewakili Sekretaris Jenderal Kemenkes (drg. Oscar Primadi, MPH). Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya acara Sosialisasi e-Office Kementerian Kesehatan Terintegrasi, semoga materi sosialisasi yang disampaikan dapat diserap dan diimplementasikan di UPT kemenkes. Semua UPT untuk mendukung penggunaan e-office untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, transparan, efektif dan efisien.

Materi yang disampaikan antara lain:

  1. Keamanan Informasi dan Sertifikat Elektronik pada e Office Kemenkes disampaikan oleh Direktur Proteksi Pemerintah, BSSN (Dwi Kardono, S.Sos, MA)
  2. Kebijakan Tata Kelola TIK Kementerian Kesehatan disampaikan oleh kepala Pusat Data dan Informasi (Dr.drh.Didik Budijanto, M.Kes.)
  3. Kebijakan Perjadin ASN disampaikan oleh kabid Pengelolaan Data dan Informasi DJPB Sumatera Selatan (Ahmad Sobari)
  4. Kebijakan dan Penggunaan Sistem Kehadiran dan Perjadin Dinas Dalam Negeri bagi PNS disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi (Yudianto, SKM, M.Si)
  5. Kebijakan dan Penggunaan Layanan Monitoring dan Evaluasi (e-monev) Belanja Pegawai disampaikan oleh kasubbag verifikasi gaji Biro Umum kemenkes (Mashuri)
  6. Kebijakan dan Penggunaan Sistem Tata Naskah Dinas Elektronik dan Perjalanan Dinas Luar Negeri disampaikan oleh kabag kearsipan dan administrasi Biro Umum Kemenkes (Lilis Setyowati, SE)
  7. Kebijakan dan Penggunaan Sistem Pengelolaan BMN secara elektronik (e-BMN) disampaikan oleh kasubbag Penghapusan BMN Biro Keuangan Kemenkes (Harisya)
  8. Kebijakan dan Penggunaan Sistem Cuti Luar Negeri bagi PNS disampaikan oleh analis kepegawaian ahli Biro Kepegawaian Kemenkes (Wahyu Hanggoro S, SH)
  9. Simulasi e Office
  10. Selayang Pandang Layanan Pusdatin

Acara ditutup oleh kepala Pusat Data dan Informasi (Dr.drh.Didik Budijanto, M.Kes.) dengan arahan sesuai permenkes RI Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan E-Office Di Lingkungan Kementerian Kesehatan agar secara bertahap UPT menggunakan e-office. UPT agar menyampaikan masukan masukan yang berguna untuk penyempurnaan e-office.