Pertemuan Evaluasi SAKIP Satker Pusat Dan Daerah


Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi SAKIP Satker Pusat dan Daerah. Pertemuan diselenggarakan di Depok, Jawa Barat, pada tanggal 10 – 13 Maret 2020, dengan peserta seluruh satker pusat dan daerah. Sebagai salah satu satker daerah, BBTKLPP Yogyakarta menghadiri pertemuan ini.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal P2P, dr. Achmad Yurianto, yang sekaligus menyampaikan arahan kepada peserta. Dalam arahannya, Dirjen P2P menyampaikan beberapa poin penting terkait pentingnya penyelenggaraan SAKIP sebagai sebuah kewajiban instansi pemerintah dalam menyampaikan pertanggungjawaban kepada rakyat. Dirjen menekankan agar menjadikan SAKIP sebagai kultur kerja, bukan sebagai suatu rutinitas. Sebagai sebuah sistem, SAKIP dapat menggambarkan bagaimana permasalahan dan tindak lanjutnya. Berbicara tentang SAKIP bukan tentang nilai semata, tapi masalah moral. Mekanisme desk diharapkan dapat menggali permasalahan SAKIP sebagai bahan persiapan reviu dengan Itjen. Pada kesempatan ini, Dirjen sangat berharap Kepala Satker terlibat langsung saat reviu dengan Itjen yang direncanakan mulai pada akhir Maret 2020.

Pada kesempatan ini, ada pula paparan oleh beberapa narasumber. Kabag PI memaparkan evaluasi capaian Perjanjian Kinerja (PK) tahun 2019 di lingkungan Ditjen P2P, baik satker pusat maupun daerah. Inspektur III Itjen Kemenkes memaparkan tentang evaluasi SAKIP tahun 2018 dan persiapan evaluasi tahun 2019. Salah satu poin penting yang disampaikan bahwa nilai SAKIP sebagai target indikator kinerja Itjen adalah “BB”, sehingga tidak perlu mengejar nilai, namun yang terpenting adalah menyelenggarakan SAKIP benar-benar sesuai dengan ketentuan. Secara panel, Kabag Kepegawaian dan Umum, Kabag Keuangan, serta Kabag Biro Hukum dan Organisasi memaparkan tentang indikator kinerja tahun 2020. Pemaparan ditutup dengan penyajian materi oleh narasumber dari Biro Hukum dan Organsiasi Kemnkes dengan topik Peran SAKIP dalam implementasi RB di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Setelah seluruh pemaparan selesai, BBTKLPP Yogyakarta mengikuti proses desk dengan Unit Utama melalui verifikasi terhadap kelengkapan dan pemenuhan kriteria dokumen-dokumen sebagai bukti penyelenggaraan SAKIP tahun 2019 di BBTKLPP Yogyakarta. Proses desk berjalan lancar dengan diterbitkannya Catatan Hasil Reviu (CHR) LAKIP dan Catatan Hasil Desk (CHD) SAKIP.

Dengan berakhirnya  proses desk ini, diharapkan BBTKLPP Yogyakarta akan lebih siap mengikuti proses reviu SAKIP yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan.